Sunday, December 30, 2012

HAL YANG PERLU DIPERSIAPKAN SEBELUM INSTALL ULANG LAPTOP/KOMPUTER

Setelah hampir sebulan gue ga bikin tulisan di blog ini, sekarang gw akan ngeshare hal apa aja sih yang perlu dipersiapin sebelum install ulang computer/laptop.

1. CD/DVD/ISO Operating System

Ini adalah alat tempur wajib yang harus ada kalo kalian mau install ulang. Kalian bisa pakai OS Linux, Windows, ataupun MAC. Kalian bisa langsung download ISO atau bisa juga beli langsung yang original.
Untuk yang mau download ISO nya, nih gue kasih link : 
- Linux : http://kambing.ui.ac.id/iso/
- Windows

Password WinRar: carlos_roy_fajarta@idws
Thanks to carlos_roy_fajarta for the link.

Windows 7

Thanks to MazDan for the link.

Windows 8

Thanks to neeko for the link.

Kalo kalian udah punya file ISO nya, bisa langsung diburn ke cd/dvd atau bisa juga pake flashdiskTutorial Burning File ISO

2. Driver Laptop/PC

Setiap laptop/pc pasti butuh driver supaya semua hardware yang ada berjalan sempurna. Masing-masing type laptop drivernya berbeda, jadi driver laptop X ga bisa dipake buat laptop Y. Biasanya sih cd driver ini bisa kalian dapat pas beli laptop. Terkadang banyak juga merk laptop yang ga ngasih cd drivernya, kita harus download sendiri kalo sewaktu-waktu mau install ulang.

Tapi jangan khawatir, gw bakalan kasih link-link buat download driver dari official sitenya

Buat PC juga sama, kalian harus download dulu driver motherboardnya, supaya semua hardware bekerja dengan baik. Untuk driver mobo, bisa langsung searching aja di google dengan keyword “driver mobo (type mobo) (os yang digunakan). Mis : driver mobo asus p5ld2 windows xp.

Sebenernya, sampai tahap ini laptop/pc kita sudah terinstall ulang dengan baik. Laptop/pc kita bisa langsung digunakan, akan tetapi belom ada program yang terinstall. 

3. Software Pendukung

Software pendukung di sini adalah program-program yang nantinya akan kita install di laptop kita. Misal Microsoft office, Winamp, Adobe Reader, Mozilla Firefox, dll. Software-software tersebut bisa kita cari di paman google.

4. Secangkir Teh/Kopi

Karena dibutuhkan waktu yang ‘agak’ lama buat install ulang, ada baiknya siapin juga secangkir teh/kopi dan juga cemilan supaya ga bosen nunggu.  

Gue rasa cuma itu aja sih yang diperluin buat install ulang laptop/pc. Share kali ini cukup segitu aja, makasih buat yang udah baca. Sampai ketemu di post yang lain :)


Link sumber :

1 comment:

  1. manteb bener nih blog... mengatasi solusi tanpa masalah....

    ReplyDelete